Teknik Dasar Bernyanyi

Teknik ini merupakan pondasi utama untuk seorang penyanyi agar bisa bernyanyi dengan benar. Teknik ini meliputi pembelajaran tentang :
  • pemantangan teknik pernapasan yang benar
  • pemahaman tentang notasi
  • penguasaan tempo lagu
  • pengucapan artikulasi yang benar dan jelas

Menyanyi Dengan Baik

Penguasaan akan notasi akan membuat penyanyi dapat menempatkan nada – nada dengan benar saat bernyanyi.
Penguasaan tempo lagu akan membuat penyanyi mampu bernyanyi dengan harmonis, terlebih saat diiringi dengan alat musik.
Dan penguasaan artikulasi akan membuat penonton mampu memahami apa yang ingin disampaikan oleh penyanyinya dan menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi akibat kesalahan dari pengucapan kata.

Setelah penyanyi menguasai keempat teknik dasar bernyanyi, teknik lainnya yang harus dikembangkan adalah :

Penguasaan Lagu
Teknik ini berkaitan dengan menguasai lagu secara teknik dalam bernyanyi dan menguasai lagu melalui penjiwaan saat bernyanyi.
Penguasaan lagu yang baik oleh seorang penyanyi ditandai dengan tersampaikannya pesan yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu kepada pendengarnya.
Karakter Suara
Karakter suara merupakan kekuatan seorang penyanyi untuk mematenkan ciri khasnya sendiri sehingga penyanyi mampu mempertahankan ekssitensinya dalam dunia musik.
Karakter suara yang khas terbentuk dari warna suara yang dimiliki yang dimiliki penyanyi itu tersebut.
Penguatan karakter suara bisa dilakukan dengan cara menyanyikan dan memilih aliran musik yang sesuai dengan warna suaranya yang dimiliki.
Power Dalam Bernyanyi
Penyanyi yang memiliki power saat bernyanyi akan membuat lagu tampak lebih hidup, membuat nyanyiannya lebih berkarakter dan bertenaga.
Power dalam bernyanyi tidak ditandai dengan kerasnya suara penyanyi dalam bernyanyi, namun dilihat dari bagaimana suara yang dihasilkan oleh penyanyi mampu membuat lagu lebih bermakna dan berkarakter.
Seorang penyanyi dikatakan memiliki power dalam bernyanyi saat dia mampu memberikan suara yang lantang dan stabil

0 komentar: